• Kursus Desain Interior

Kursus Editing Video Surabaya

0 Comments

Di era saat ini sering kita menjumpai yang namanya gambar bergerak yang disebut dengan video atau film. Pembelajaran kami memberikan inovasi dengan mengikuti Kursus Editing Video Surabaya Sidoarjo. Contohnya adalah iklan, acara-acara di televisi, film, atau yang saat ini sedang digandrungi oleh kaum milenial adalah Youtube. Di sana kita akan melihat suatu video yang ditampilkan akan terlihat menarik dengan tujuan tertentu. Itu semua karena pemberian efek yang membuat tampilan video terlihat dramatis, indah, penuh makna, dan mudah dimengerti oleh penontonnya. Jika tidak ada efek yang diberikan maka sebuah tampilan visual akan tampak kaku, tidak estetik, aneh, bahkan kita bisa jadi tidak mengerti akan tujuan video tersebut.

Sejarah dibuatnya video atau film, pertama kali dibuat oleh Auguste Marie Louise Lumiere dan Louise Jean Lumiere tahun 1895 yang membuat pertunjukan dari proyektor yang mereka buat sendiri dengan menampilkan film-film non fiksi pendek. Mereka membuat usaha hiburan film bernama Cinematographe yang berkembang hampir di seluruh dunia. Yang pada akhirnya 2 tahun kemudian usaha mereka dibeli oleh seseorang dari india bernama Harischandra yang konon kemudian menjadi awal mula lahirnya perfilman di india.

Film yang mereka buat adalah film diam tanpa dialog dan lagu yang setelah itu dikembangkan dengan tambahan musik yang dimainkan secara live sebagai penambah efek dramatis. Lalu berkembang lagi dengan rekaman film piringan hitam dengan efek film sederhana. Kini kita bisa lihat ada banyak film dari dalam maupun luar negeri yang telah menggunakan efek canggih dengan menggabungkan gambar, suara, dan efek komputerisasi yang terlihat menakjubkan.

Kursus Editing Video Surabaya

Kursus Editing Video Surabaya Seperti Apa ?

Untuk membuat sebuah film atau tampilan video maka kita juga harus mempertimbangkan hal-hal estetik seperti pengaturan cahaya, penambahan audio yang tepat, pemberian efek moving, dll. Hal tersebut adalah bagian dari proses editing video. Menurut Hari Setiawan Editing adalah proses menggerakkan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat. Secara umum pekerjaan editing adalah berkaitan dengan proses pasca produksi, seperti titling, colour correction, sound mixing, dsb.

Dalam mengerjakan edit video kita membutuhkan software yang tepat dan pengetahuan yang cukup tentang editing. Software yang umum dan sering digunakan di Indonesia adalah Adobe Premiere dan Adobe After Effect. Adobe Premiere adalah program edit video yang dikembangkan oleh Adobe dan sudah banyak digunakan oleh rumah-rumah produksi dalam pembuatan film. Keunggulan dari software ini adalah kemudahan dalam mempelajarinya dan instalasi yang cepat dan lisensi seumur hidup.

Adobe Premier sebenarnya lebih dikhususkan untuk merangkai gambar, video dan audio, dan bukan untuk animasi. Jika kita menginginkan efek animasi, maka kita bisa menggunakan software Adobe After Effect. Kita sering melihat video dengan adegan rumah terbakar, mobil tertabrak, atau seseorang yang bisa hilang, semua itu menggunakan program Adobe After Effect. After Effects sendiri adalah sebuah program yang dibuat oleh Adobe untuk menciptakan animasi, motion graphics, compositing, dan efek visual.

Prospek Pekerjaan Editing Video

Mempelajari editing video akan membuat kita menjadi jago dalam hal perfilman dan memiliki prospek pekerjaan seperti berikut:

 

  • Editor Film atau TV
  • Konsultan Desain Video
  • Biro Iklan
  • Tim Kreatif di Televisi
  • Freelancer Desain
  • Pengajar / Dosen DKV
  • Dll
KURSUS EDITING VIDEO SURABAYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!